Cara Membuat Pola Baju Kebaya Tradisional Yang Mudah

Pola Baju Kebaya Tradisional : Jenis kain brokat adalah salah satu jenis kain yang kaya akan dekorasi dengan tanpa adanya benang emas dan juga perak yang menampilkan pada pola tertentu, misalnya saja seperti pola bunga, tanaman, serta beberapa unsur alam lainnya. Kalimat brokat berasal dari bahasa Italia yang kalimat aslinya adalah broccato dan memiliki arti kain yang disulam. Selain itu kain brokat memiliki tampilan yang mewah dan juga mempesona sehingga menjadikannya sebagai jenis kain yang sangat spesial saat digunakan untuk membuat model busana yang spesial seperti gaun pesta, gaun malam, maupun gaun pernikahan.

Pola Baju Kebaya Tradisional

Pola Baju Kebaya Tradisional

Pada dasarnya kain brokat lebih banyak digunakan untuk melapisi sofa dan juga kursi antik, bahan membuat gorden, dan juga tirai tempat tidur sebab kain brokat dianggap mampu memberi kesan yang formal pada suatu ruangan. Namun berkembangnya jaman pemanfaatan kain brokat untuk hal-hal tersebut mulai mengalami sedikit berkurang. Kususnya ditanah air sendiri, jenis kain brokat cenderung lebih banyak digunakan sebagai bahan pembuatan kebaya sebab bisa memberikan kesan yang anggun dan juga elegan. Model kebaya yang dibuat menggunakan kain brokat sangat cocok dijadikan model gaun malam yang mewah.

Lalu bagi anda yang ingin membuat sendiri model baju kebaya tradisional dari bahan brokat, namun masih dalam tahap awal, silahkan perhatikan tips di bawah ini:

Peralatan dan bahan-bahan yang di perlukan :

  • Kain Brokat dengan ukuran 2 m
  • Kain Furing dengan ukuran 1,5 m
  • Resleting YEE 50 cm
  • Koran atau kertas yang lebar untuk pola
  • Jarum jahit, gunting, benang, jarum pentul, spidol warna merah atau warna spidol yang terang lainya.
  • Mesin jahit dan juga meteran
  • Mesin obras

Tutorial menjahit model kebaya tradisional dengan bahan kain brokat untuk pemula

Menjahit model kebaya memang terbilang gampang-gampang susah, gampangnya jika saat menjahit menemui model yang simpel dan juga bahannya mudah dijahit, lalu susahnya adalah jika saat menjahit menemui model yang rumit sehingga menjadi tantangan tersendiri. Untuk ulasan selengkapnya dalam menjahit kebaya tradisional:

Langkah pertama gunakanlah teknik menjahit kampuh balik pada bagian-bagian tertentu kebaya yang tampak dari luar, agar nantinya kebaya terlihat rapih dan hasilnya rajin.

Saat menjahit kebaya gunakanlah kertas atau koran untuk di jadikan alas dibawah kain kebaya, agar jahitanya tidak mengkerut.

Sebab bahan kebaya pada umumnya tipis dan juga tidak tahan panas, maka kebaya jangan langsung di setrika tanpa menggunakan alas.

Lalu untuk bahan kebaya yang mempunyai daya mulur yang tinggi seperti jenis kain brokat atau tille prancis maka saat memberi tanda atau rader kurangilah sekitar 1 cm untuk bagian bahu, lalu bagian badan 1 cm, lalu dari pola jadi total badan yang berkurang keliling 4cm, penjelasan tambahan untuk pengurangan padabagian badan atau bahu tergantung pada daya mulur bahan yang akan anda jahit.

Baca juga : Daftar Harga Kebaya Encim

Demikianlah model pola baju kebaya tradisional yang bisa anda bikin sendiri, semoga artikel di atas bisa menambah wawasan anda dalam berkreasi, terima kasih!

Pencarian Teratas:

cara menjahit kebaya tradisional,langkah menjahit kebaya tradisional,MENJAHIT KEBAYA MUDAH
Cara Membuat Pola Baju Kebaya Tradisional Yang Mudah | admin | 4.5